Makassar trip 9 -14 November

Ini trip pertama kali saya ke makassar,, disana saya sudah ditunggu sama sahabat saya, sepupunya dan 2 orang teman kuliah sepupunya.. rencananya kita mo mengadakan trip ke tanjung bira, bulukumba.
Jumat, 9 november 2012
Perjalanan di mulai , setelah saya di jemput di bandara hasanudin,, berhubung trip kali ini berbarengan dengan acara kantor, jadinya bawaan saya rada banyak, en harus titip koper dulu ke kost-an isna, my bestfriend (berita ga penting). Abis itu kita menikmati coto makassar di daerah pettarani, disini disetiap meja disediakan tempat sampah buat buang kulit ketupatnya dan bagi saya itu malah keliatan kotor en jorok loh.. en rasanya sih biasa aja menurut saya.
Usai menikmati coto, kami melanjutkan perjalanan ke tanjung bira, it takes sekitar 6 jam perjalanan.. dari awalnya seru bertukar cerita, sampe tidur, bangung, tidur lagi, bangun lagi… kayanya kok ya ga sampe2 ya…. L tp perjalanan jauh ini begitu menyenangkan karena disini kita bisa liat bintang2 berkerlap kerlip di langit ditambah liat moon set. 
Sabtu, 10 November 2012.
Setelah beristirahat beberapa jam, kami pun menuju tanjung bira yang sesungguhnya… aka pantai,, tujuan kita cuma 1 yaitu snorkling di spot2 terbaik di sini… ^_^ , tp ga berapa lama kita sampai di dermaganya, hujan pun turun dengan derasnya, langit berubah gelap, jarak pandang pun menyempit… kecewwwwwaaaa…….. kita cuma bisa duduk,,, memandang ke laut,,dan berharap awan hitam menghilang berganti awan putih dan matahari.
view dari belakang penginapan

 

awan hitam di tanjung bira

 

tarik maanggggg
Sekitar jam 10 pagi doa kita di kabulkan… akhirrrnyyyaaaa…. Tp saat itu kita ga langsung terjun, karena masih harus nunggu om nya si anak kuliahan buat nawar-nawar perahu,, en ternyata si om itu terkenal di daerah sana loh,, jadinya kita dapet harga lumayan murah,, sekitar 450rb untuk ke 2 spot, dengan menggunakan speed boat yang lebih cepet daripada boat yang lain en peralatan snorkling.
jernih banget kan

 

sampe sekarang saya ga tau namanya apa

 

rumput laut?? karang laut?
Now time for snorkling,,,, dimulai dari pulang kambing di sisi kiri tanjung bira, kalo perahu kayu biasa makan waktu 30 menit untuk kesana, kita cukup 10 menit ajah… mau tau rasanya??? Eneggg,,,, itu perahu kecil isi ber 6, jumpalitan di laut,, loncat atas bawah,,kanan kiri,,, kita semua di dalemnya ga ada yang bisa duduk manis…selalu kegoyang kanan kiri. 
Ketika perahu mendekat ke pulau kambing, kamipun bersiap nyebur,,, air disini jernih banget, en ikan kecil kecilnya buannyaaakkk… seneng banget. Ga lama, ada kapal kayu besar yang ikutan dateng, rupanya dari fakultas kelautan unhas, en salah satu mahasiswanya ngedeketin kita,,, saya pun diajaknya buat muter2 di area yang lebih dalem,, en ikan nya lebih dasyat loh…. Serrruuuuuu… 
Cape muter sana sini, kita pun pindah ke pulau lainnya,yaitu pulau liukang yang posisinya didepan tanjung bira. Disini pasirnya lebih kasar daripada di tanjung bira, tp putih banget. Lalu pesen mie kuah di warung yang ada di pulau, buat ngisi perut yang kosong. Ga lama kita pun kembali terjun untuk snorkling di sekitar pulau liukang ini. just swim here and there, liat liat ikan yang hilir mudik,,, disini saya liat ikan yang putih panjang, trus liat ikan yg kaya guru nyetirnya spongebob, beberapa nemo, dan ikan ikan lainnya yang saya ga temuin di tempat snorkling sebelumnya.
Puas berenang, kita lanjut ke daratan,,, kali ini kita menyusuri pantai yg tersembunyi, dimana banyak petani rumput laut dan pasir pantainya ini lebut banget,, saya lupa nama pantainya,,L setelah itu kita balik ke penginapan.. 

 

Penginapan yang saya tempati ini berupa kaya villa-villa yang menghadap ke laut,, didalemnya ada 2 kamar, dapur, ruang tamu dan balkoni,,, and it cost us 200rb untuk 2 malem..hihihi..harga temen bro… ga kenal lelah, abis bebersih, kami pun melanjutkan kembali perjalanan untuk mengejar matahari,,tp berhubung mendung, yg kita liat cuma gradient warna sunsetnya ajah,,,and it’s still beautiful loh… indah banget emang indonesia ini.

 

Minggu , 11 November 2012
Bangun pagi, saya muter-muter daerah penginapan,,, I always love to walk alone,,, sit down somewhere and listening to the sound of sea …. Hal ini seperti pembersihan diri saya,,, bikin soul nyaman dan damai… feel so relax… oia,, saya ketemu pohon yang buahnya lucu,, bentuknya itu kaya bulu babi yang bulet,, tp warnanya hijau en coklat,, saya pun bikin cerita versi sendiri..” jadi si pohon ini awalnya berwarna hijau,, dan ketika tua dia mengering dan berubah jadi coklat en memisahkan diri dari si pohon,, dan kemudian berjalan..berjalan,,dan berjalan sampai akhirnya menuju laut dan terkontaminasi air garam en jadi warna hitam”… itu lah asal muasal bulu babi sodara –sodara……. Hihihihihi….. 
good mornnniiiingggggg

 

 

si bulu babi…
Selesai sarapan, kita lanjut ke tempat pembuatan perahu,, disini ada 3 perahu yang lagi di bangun, salah satunya itu harganya mencapai 3 milyar…. (hayo ngaku sapa yang punya?)… kita diijinkan masuk ke atas perahu en liat-liat ga lupa buat pose-pose cantik…setelah itu baru kita menuju ke salah satu pantai yang tersembunyi… again,,, saya lupa nama pantainya…ga kalah sama pantai sebelumnya,,, pantai disini pun indah..jernih dan bersih.. 

 

 

 

 

 

Kemudian, kita menuju kampung pinisi, dari jalur masuknya sudah tersedia berbagai perahu,,, didepan yang kecil, semakin kedalam semakin besar… kebanyakan kapal-kapal kecil dibeli sama penduduk lokal sementara kapal besar dibeli sama orang luar. kalo kita yang gak mampu beli kapal kapal ini, kita bisa beli miniaturnya ga jauh dari kampung pinisi, yang paling kecil harganya 200rb kalo nda salah,,, en yang gede bisa jutaan… 
Kampung pinisi merupakan pemberhentian terakhir di bira,, kita pun bertolak ke makassar dan malamnya kita menikmati sop konro,, sluuurrpp..nikmaatttt…. 
Senin, 12 november 2012 
Berhubung sahabat saya harus kerja, sayapun berencana snorkling sendiri di pepulauan spermonde. Pertama kali saya dibawa ke pelabuhan makassar, wrong place..wrong place…. En akhirnya dibantu tukang ojek buat sampe ke dermaga yang seharusnya,,, en sebelum turun dari ojek, dia sempet nanya “mba sendirian ajah?” hehehe… klo rame2 mah saya ga naik ojek pak..sewa mobil….:P 
ini tempat diving centre nya

 

pemandangan dari dermaga

 

Sampai di dermaga, saya cari diving center yang buka, en dapet lah diving centre yang paling ujung kanan jalan.. setelah tawar menawar, saya dapetin harga 700rb untuk 3 tempat, lengkap dengan perlengkapan snorkling, dan kapal cepat. Pas naik ke kapal,, saya liat disisi kiri kapal ada tulisan ‘vira”…jreng jreng jreng..mungkinkah si pemilik kapal ngefans sama vira??
saya ga boong kan?
Perjalanan dari dermaga ke samalona cuma butuh waktu 10 menit ajah, disana kita ngejemput buddy nya dulu, en ambil perlengkapan. Dia ngasih saya baju diving plus pelampung kecil en ga lupa snorklenya (but I don’t like snorklenya,,, udah rusak en ga ada klep udaranya, jdi klo mo nyelem, airnya masuk semua).  Tempat pertama itu disekitaran pulau barrang caddi,, disana saya bisa liat gurita, bulu babi berbagai bentuk, lobster dan nemo… trus ada satu daerah yang karang-karangnya dekat dengan permukaan,,, deg2an pas lagi berenang disana,, takut kena karang en ngerusak ekosistemnya. 
gurita..gurita

 

 

ini salah satu jenis bulu babi juga loh

 

lobster
Dari sana, kita lanjut ke kodingareng keke, kita duduk duduk di pulau kosong yang isinya cuma 3 kucing,,,, scary banget… saat itu cuma ada saya en si buddy… ga ada orang lain ataupun perahu lain yang mendekat,, aarrrggghhh…panik en parno…. Untung banget saat itu sinyal hp masih ada, en saya langsung blazz di twitter en fb keberadaan saya saat itu,,, so peoples aware aku ada dimana,,, hihihihi
Selesai duduk-duduk, kita ke dermaga belakang pulau, nyoba snorkling disana, tp ternyata ombaknya terlalu besar en susah buat liat-liat. Jadi pindah lah kita ke daerah deket samalona,,, saya di tinggal di laut semenatara perahu balik ke samalona untuk ambil mie (makanan ikan),, disini karang-karangnya udah banyak yang rusak,,, ikannya ga terlalu banyak tp tetep indah untuk dinikmati,,, ga lama perahu kembali lagi dan angkut saya untuk ke pulang gosong,,, dipulau ini airnya sudah lebih keruh,, tp untungnya saya masih bisa liat ikan ikan besar berebut mie yang saya berikan ke mereka…. Seerrruuuuuuu…. Sesekali waktu si ikan menggigit tanggan dan kaki saya,,, duh,,semoga ga ada ikan piranha ya,,, :d
Mie habis, kamipun kembali ke dermaga,, dan perjuangan solo backpack didarat pun dilanjutkan… siang itu saya muter muter cari makan,, trus balik ke kost-an teman..dan berhubung di makassar itu hawanya panas banget, kita pun pindah ke hotel…. ^_^ cari ac ac…. Lumayan setelah potong point dari agoda, saya bisa nginep di hotel berbintang 4, dengan harga Cuma 200rban… hehehehe… murah..murah..murah.. 
Lucunya,,, pas di hotel,,, tiba2 ajah mati lampu,,,en itu Cuma kamar kita doank yang mati,, setelah check en richeck ternyata colokan powerbank saya meledak, en meninggalkan bekas terbakar di colokan hotel….hiks..hiks… sumpah deg2an disuruh ganti,,.. tp untungnya gapapa loh.. 
Selasa, 13 november 2012…
Hal yang saya inget di hari ini adalah….saya menebar uang di depan gerbang hotel aryaduta…. Hehehehe… jadi waktu itu saya naik becak,,, uang-uang saya taro di jeans saya,, en mungkin saat itu uangnya ketarik, jadi pas turun dari becak, itu uang berhamburan di jalan…. Sampe-sampe dibantuin sama tukang becak yang disana…

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *