Palu Trip – 2 Mei 2016

Senin, 2 Mei 2016

Pagi ini saya bangun sekitar ham 4.30 or jam 5 pagi, rencananya mau bikin time lapse di resto hotel,karena mba han masih tidur, jadilah saya kebawah sendiri..

Suasana di lorong hotel masih gelap, dan ga da siapa-siapa di lorong sampai ke lift,, sepanjang jalan saya cm bisa menunduk dan berdoa biar ga ketemu sosok-sosok yang ga diinginkan.. yup, saya memang rada sensitif soal beginian, walaupun ga bisa liat tp kadang suka merinding en merasa ada yg liatin.  Perlahan saya berjalan menuju lift yang jaraknya sekitar 20 meter dari pintu kamar di lantai 5.begitu sampai depan lift, bergegas saya pencet lantai 1 dan juga tombol tutup pintu,ga lucu kan kalo tiba-tiba ada yang nahan lift…. Brrrrrr…. sampai di lantai 1, pelan-pelan terbuka, saya ga bisa liat apa-apa aka lampu lantai 1 masih gelap gulita,,, segera saya jalan aga cepat menuju resto.

timelapse di resto swissbel palu, tp kurang focus

Parigi Moutong

Rencana hari ini menuju Parigi Moutong. Info mengenai tempat ini sangat minim, malah kalo kita cari di google, ada 2 parigi moutong yg di informasikan, pertama yang letaknya  2 jam dari palu dan satu lagi yang menuju gorontalo… haiiissss, kenapa sih tiap jalan selalu dpt informasi minim.

parigi Moutong

daerah parigi moutong, lumayan luas untuk ditelusuri

Kata om Sam, sedang ada perbaikan jalan di bukit yang akan kita lalui, makanya mereka menetapkan jam buka tutup dan kita harus melewati jalur itu sebelum mereka menutup jalan.  Karena berangakt pagi, jadinya saya masih ngantuk2 en sempet ketiduran, pas bangun2 mba han bilang “vir, ini jalur ke makasar kata om Sam”, trus gw jawab “ kaga mba, jauh bener makasar, kita ke arah Gorontalo” dengan kesotoyan saya. Setelah semua nyawa ngumpul, dan sadar sekitar saya sempat diam sejenak.. trus mikir, kok lautnya disebelah kiri ya, kan seharusnya sebelah kanan. Sadar kita salah arah, akhirnya saya suruh  Om sam untuk puter balik. Tujuan kita sebetulnya mencari dive center / resort di daerah marantale. Kurang 1 jam kita menjelajahi pinggir laut parigi,sampai akhirnya ketemu satu rumah dengan tulisan DIVE CENTER. Tapi sayang seribu sayang, dive centernya kosong dan memang tidak ditempati. Info  dari bapak yang bersih-bersih, dia bilang dive center ini memang tidak ditempati, kalo mo dive/ snorkeling bisa ke pantai kucing / ke sail tomini.

IMG-20160508-WA0067

foto di dive center yang kosong

Pencarian pantai kucing

Kata si bapak, pantai kucing itu adanya 5 km dari dive center, dan walaupun sudah jalan lebih dari 5 km, kami ga menemukan plang pantai kucing. Akhirnya  kita memutuskan balik dan menuju ke pantai sail tomini (ntah apa nama pantai ini sebenarnya).

Kembali kita ga menemukan siapa2 di pantai sini, karena pucing, akhirnya hayati lelah dan pingin ngemil ajah deh, kami pun memilih warung dekat dermaga apung. Iseng-iseng, saya nanya sama si ibu warung tentang diving di pantai ini, dan si ibu kasih nomor telpon orang yang biasa ngajar diving disini.

pose sebelum snorkeling di Parigi Moutong

Ternyata oh ternyata, instructor diving yang biasa ngajar di pantai sail tomini ini merupakan bapak TNI AL Parigi Moutong donk.. hahaha, jadi lah hari itu kita berenang di laut bersama team dari TNI AL dan naik perahu karet… wkwkwkwkwkw. Well.. si Bapak ini cepat akrab sama kita semua loh, sangking akrabnya kaya kita udah ketemu dari lahir.

Karena di daerah sail tomini ini ga ada tempat memadai untuk ganti baju, jadi kita ke tempat TNI AL dulu untuk bersiap-siap disana, kemudian ga lupa ada acara  pemanasan terlebih dahulu sebelum menyelam,katanya sih biar kita ga kena kram ketika berenang.

kapal karet yang menemani kita snorkeling

Bawah laut Parigi Mouting ini lumayan kece loh, banyak ikan sori, nemo dan macam2 karang lainnya. Namun kali ini saya kurang menikmati karena ada yang ngintilin kemana pun saya berenang dan kadang suka colek-colek … haizzz..

indahnya karang di Parigi Moutong

Puas melihat keindahan bawah laut di parigi moutong, kamipun balik ke Palu, perjalanan dari parigi mouting ke palu memakan waktu sekitar 3 jam , dikarenakan jalan di bukit di tutup.

abadikan momen

Sepenjang perjalanan pulang, saya mencoba telpon togean indah travel untuk konfirmasi sewa mobil travel besok hari, tapi ntah kenapa telponnya ga diangkat-angkat. Akhirnya saya mengubungi Tauna indah dan langsung ke kantornya untuk memesan bus travel menuju ampana besok sore.

Jadi dimanakah pantai kucing itu ?

Menurut informari pantai kucing berada di desa Marantale, kabupaten Parigi Mouting, Sulawesi Tengah. Disini dibangun resort yang memiliki dive center satu-satunya di Parigi Moutong, dan masih menjadi misteri keberadaannya buat kita.. ada yang bisa bantu