Togean trip – 5 mei 2016

5 Mei 2016

Let’sexplore  togean.

Oia buat yang belom tau Togean, togean ini merupakan kepulauan di Sulawesi. Posisinya berada di teluk Tomini.

peta-togean-1

Gambar : diambil sini

Batudaka, Togean dan Talatakoh adalah 3 pulau terbesar dan berdekatan yang dipisahkan oleh selat sempit. Dua pulau pertama masuk dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Togean.

Waleakodi dan Waleabahi membentuk gugusan pulau di sisi timur. Una-una, terpisah jauh di sisi barat laut sekitar 30 km dari Batudaka. Gunung Colo (407 m) yang dikategorikan sebagai gunung berapi aktif, mendominasi lansekap Pulau Una-Una. ( masih dari link ini )

IMG-20160508-WA0014

yoga didepan laut itu menyegarkan

IMG-20160507-WA0015

Menunggu Sarapan disiapkan

Pak Zainudin, kapten kapal kami hari ini,  memberitahukan rute kita hari ini, rencananya kita akan ke California reef, pulau Papan, bolillanga,  danau ubur-ubur dan juga pantai karina. Awalnya kita bertanya tentang una-una, karena menurut cerita, alam bawah lautnya una-una juga bagus.tapi kata pak zainudin, perlu 2-3 jam untuk menuju una-una dan ga klo sudah kesini, kita ga bisa dpt spot lain

California reef

Setelah berlayar lebih dari 1 jam, kami sampai di California reef.  Awalnya aga memandang remeh spot ini, karena dari atas Cuma terlihat karang-karang cetek, tapi begitu nyebur…. Wuuuuiiiissssss… the best spot that I ever had…. Bunaken, Makassar, menjangan, Maluku semuanya kalah euy…  keren banget pokoknya.

P5050243

anemon nya pink

P5050255

nemo dimana-mana

P5050270

karang pipa?

P5050271

karang putih

Setelah 45 menit kita bersnorkling ria, dengan berat hati kita pindah ke spot lainnya. Dan karena ga mo rugi waktu, kami menikmati makan siang diatas kapal yang melaju ke pulau bolilanga.

Pulau papan

Pulau papan, merupakan pulau yang ada penduduknya. disini, dia punya jembatan yeng menghubungkan dari pulau satu ke pulau lainya… panjaaaanggggggg..

DSC01731

jembatan panjang di pulau papan

DSC01723

DSC01740

us

Kami sengaja tidak snorkeling disini, Cuma numpang foto-foto di jembatannya yang bikin salah satu warga kebangun dari tidur siangnya karena kehebohan kita. Hahahaha… gimana ga heboh, secara riris kalo disuruh begaya untk difoto itu expresinya selalu HOT,, sensual kalo kata oji, dan juga saya bawa buntuk-buntut yang bikin anak-anak sekitar pulau heran tercengang melihat kerempongan kami.

me

kece ga?

Bolilanga

Kami diturunkan ditengah lautan, dan pak zainal bilang, kalian renangnya kearah dermaga itu ya, nanti saya tunggu disana.. OK Pak….;)

P5050285

karang di bolilanga

P5050290

bolilanga resort, satu-satunya resort di pulau bolilanga

Tanpa buang waktu, kami meluncur kelaut dan berenang perlahan.. tapi sayang seribu sayang, ternyata spot ini lebih banyak karang mati dan rumput-rumput serta pasir. Ga terlau banyak karang cantik yang saya temukan disini. Di sekitar dermaga pun saya ga menemukan ikan-ikan cantik lainnya, lionfish pun tidak…

Pulau bolilinga ini sendiri merupakan pulang yang hanya memiliki 1 resort. . blab la la

Danau Ubur-ubur

Sama seperti di kakaban, danau ini juga berisi ubur-ubur yang tidak menyengat. Tapi sepertinya kami kurang beruntung hari ini, ubur-uburnya masih kurang banyak euy, Cuma terlihat beberapa ubur-ubur yang asik berenang kesana kemari, dan satu ubur-ubur yang mendekati diyah.. hahaha

P5050305

ubur-ubur togean

P5050304

jenis lain ubur-ubur

Oia,  pas kami datang, ada rombongan juga yang lagi melihat ubur-ubur, dan ada satu anak lelaki (kayanya masih SD) yang sudah siap dengan masker dan pelampung di sisi jembatan bawah. Tetapi dia sibuk cari bantuan dan manggil-manggil orang tuanya, yang ga memperhatikan dia (maksudnya dia mo berenang, tp takut sendirian). Ga tega, akhirnya saya ajak dia berenang.. baru 2 detik dia nyemplung ke air, dia teriak “takut..takut… takut… kakak  ini tidak bisa” dengan napasnya yang semakin cepat dan berat… hahahaha… ternyata dia sudah panik. Saya bilang ga usah kwatir, pake pelampung ga akan bikin dia tenggelam, dia mengangguk tanda mengerti, tapi ga lama kembali lagi dia bilang “kaka, pelampungku lepas, aku takut” hahaha, ya sudah saya bawa dia kembali ke tepian untuk benerin pelampungnya, dan kembali berenang mencari ubur-ubur.

Sudah bertemu 1 ubur-ubur, saya iring menuju ke si adek, dan saya kasih liat dia.. kemudian saya kembali pergi… semoga kamu seneng bisa liat ubur-ubur walaupun ga berenang bersama ya,

 

Pantai Karina,

Pantai karina berbentuk cekung dengan pasir yang bersih. Kalo udah pernah ke Thailand, mungkin tau phi phi island, ya kurang lebih kaya gitu deh.. atau yang lagi booming, kaya pantai dimana song jong ki bermain di descendant of the sun diadegan terakhirnya.  Ga banyak spot bagus untuk underwaternya… semua sudah kalah dengan keindahan di califonia reef.

 

Black Marlin

Malam ini rencananya mau belajar milky way,, lagi asik-asik pasang tripod en test-test, tiba-tiba aja ada 2 orang cowo yang samperin .

X1 :  mba, lagi mo foto milkyway ya?

Me : iya, lagi mo coba-coba belajar

X2 : udah pernah foto sebelumnya mba?

Me : belom, ini baru belajar

X1 : oh gitu, biasanya milky way keluarnya dari utara sampai ke selatan (sambil menunjuk lintasannya), jd nanti arahnya kesana ( nunjuk ke barat)

me : (dlm hati, kok arahnya ke barat?)

X1 : ini kurang kuat kayanya (nunjuk ke tripod dan kamera), bntr di benerin ya ( ambil kunci buat ngebenerin mount tripod).. eh ini tripodnya jelek neh,

me : (mulai tersingung) , jeleknya dimana?

X1 : kecil gini, ga kuat

Me : oh gitu, emang sengaja cari yg kecil biar ringan dibawa. tp dia kuat kok

X1 : emang berapaan harganya ?

me : DUA JUTA (jawab ketus ,, padahl sih ga sampe)

X1 : huh? tripod aja dua juga?

me : Iya,,

X1 : ( mulai setting-setting kamera gw, en sorot2.. dia taro iso di 100, dengan s 20 sec, dan f 3.5)  eh kok hasilnya item ya, ga dpt nih

Me : iso nya digedein, klo kecil gitu mana keliatan

X1 : engga, emang musti iso kecil dia, kalo besar nanti noise nya banyak ( coba sekali lagi, dan ttp hitam)

me : eh dah dulu ya, kebelet nih… byee.. (bawa kamera en tripod langsung kabur)

duh mas.. ga tau apa itu gw beli tripod udah sampe dibully2,,, trus pake dibilang tripod jelek pula sekarang…. sakitnya tuh disini ….. (tunjuk dada jupe)

DSC01795

Black Marlin resto

Malam ini pula, ada pesta di resto. Sepertinya rombongan tamu yang sering ke black marlin sedang asik main bilyard , teriak-teriak dan tepuk tangan sampai lampu dimatikan… huff,, seharusnya kan malam ini bisa istirahat ya, tapi ya tapi… 🙁

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *