Wisata Derawan – explore Sangalaki & Haji Mangku

25 Desember 2016.

Selamat Natal…

Pagi ini saya terbangun, tepat ketika matahari memancarkan sinar orange nya, tanpa cuci muka dan gosok gigi, saya buka pintu balkon, duduk di hanmock dan memandangi nikmat Allah pagi itu. Sunrise pagi ini, sunset terindah yang saya pernah rasakan.. Kenapa? karena pagi ini saya ga pergi bangun pagi-pagi, cuci muka dan gosok gigi dengan air dingin, dan jalan untuk mencari spot sunrise. Tapi hanya perlu menyeret kaki pemalas ini menuju balkon yang jaraknya hanya 2 meter.

DSC_1290

sunrise pagi sambil menikmati secangkir teh

IMG_20151227_081956

warna orange yang memancar di Fisheries Eco Villa

Jam 8, peserta sudah selesai sarapan dan rapi untuk berangkat melaut. Namun sayang sungguh sayang, walaupun cuaca cantik tapi arus tidak bersahabat dengan kita. Dengan keahlian Kapten Anwar, motoris kami hari ini, kami menjejalah ketempat berikut :

Sangalaki

Di Pulau Sangalaki, terdapat satu resort dan juga penangkaran penyu. Sebelum kami melihat tukik/ penyu, Kapten  Anwar dan mas iki mengajak kami berkeliling pulau. Kami dibawa untuk berfoto-foto di dermaga panjang dan juga pantai sangalaki, kemudian jalan kebelakang sampai akhirnya ke melihat tukik-tukik kecil  yang lucu.

1

dermaga Sangalaki, pic by wisatakita.com

Sangalaki ini memang salah satu tempat tempat habita alami penyu. disini juga menjadi tempat perlintasan penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricate). Tukik-tukik yang menetas dikumpulkan dan dijaga hingga berumur seminggu sampai akhirnya mereka dilepas lagi kelaut.

2

mau Neng foto bang?

4wlELkT2BW4v7JrFflgJFv1qlH2hyA4QCU13lBsgH_A,ux1Qm_o_Nu6CMgg57V9BqRuITxXSnkO-lV4LDNySvXo,3i_J6vwYRIOeiuODi3uJZBnpWMPwN4dHH2fCxnuOmkY

senengnya walau cuma ngobrol disini ajah

Cukup lama kami berada di Sangalaki,, ternyata ini memang bukan bagian dari jadwal paket. Melainkan arus laut semakin tinggi dan berbahaya untuk kapal menyebrang atau berpindah pulau.. Bahkan ketika ada warga Negara India ingin naik kapal speedboat kecil untuk menyebrang, sang kapten tidak memperbolehkan, berapapun harga yang dia tawarkan, sang kapten tetap menolak. Karena, berkendara diarus yang luas, nyawa menjadi taruhannya….eeeiiissshhhh.

Ubur-ubur Kakaban

Tempat ini merupakan tempat yang terkenal di dunia. Karena hanya beberapa spot yang punya stingless jellyfish atau ubur-ubur tanpa sengat. Untuk di Indonesia sendiri hanya ada di Kakaban dan Togean. Di Kakaban, ada 4 jenis ubur-ubur yang berkeliaran disana.

PC250001

PC250016

 

Haji Mangku, Maratua

Matahari sudah cukup tinggi, ketika kami menginjakan kaki di dermaga maratua ( bukan maratua resort ya), kami membelah jalan setapak untuk melihat haji Mangku yang baru saja naik daun itu. Bahkan bang iki atau bang anwar baru pertama kali kesini loh.. hehehe.

PC250066

santai dulu di haji mangku

Air berwarna biru terlihat dari atas ketinggian kurang lebih 5 meter.. biru gelap , bening memancarkan cahaya dan misterius, entah ada sejarah apa dibalik goa haji mangku ini. Satu persatu peserta memberanikan diri untuk meloncat kedalam goa haji mangku.. saya?? Hahaha… seorang wanita manis yang juga takut ketinggian ini tentunya ga punya nyali untuk meloncat donk. Saya hanya bisa mengumpat dibelakang dan semakin ke belakang, sampai akhirnya diberitau kalau ada satu lubang lagi yang ga perlu melompat. Kita cuma perlu turun sedikit, dan kemudian bisa merasakan dinginnya goa haji mangku ini… brrrrrrr……. Segggeeerrrrr…

cuaca hari itu

Fisheries Eco Villa

Sore datang dan kami sudah kembali ke penginapan. Hari ini cukup 3 spot yang kami dapati. Bukan karena kesalahan tour leader yang molor waktunya, tapi karena cuaca yang tidak bersahabat. Seorang teman pernah berkata “jika bermain dengan alam, maka percayakan lah kepada ahlinya. Jangan pernah ngeyel kalo dikasih tau”. Saya setuju dengan itu. Karena mereka yang setiap hari bermain dengan alam, lebih mengenal perubahan sekecil apapun. Bahkan disaat mata kita berkata cuaca sangat baik dan bersinar terang, tapi sebetulnya dibalik itu, ada hal lain yang tak terlihat oleh kita.

DSC00034-01

 

Kembali kami di kumpulkan di resto untuk membahas rute esok hari, dan juga wisata kita meminta maaf karena ada spot yang tidak didapat dikarenakan cuaca dan juga bang harry bilang kalo besok pagi mungkin bisa melihat whale shark. Tapi dia akan pastikan lagi nanti malam.

Derawan Dive Resort

Malam ini kami kami berjalan ke Derawan Dive Resort.  Hanya ingin melihat resort dan berfoto di dermaga panjang. Tapi sungguh disayang, dermaga itu sudah dihancurkan/hancur. Jadi kita kanya duduk-duduk di bangku dekat lapangan volley.. bercanda, bernyanyi..dan ga lupa… membully Oji… hahahahaha… #pleasedontdoitathome #cumagenkyangbollehbully #karenabullytandanyasayang

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *