Wisata Derawan – Ke Jakarta ku kan kembali

27 Desember 2016

Time to go home.

DSC_1323

sarapan dulu sebelum pulang

Sebetulnya masih ingin bermalam disini untuk beberapa hari kedepan, tapi apa daya saya harus pulang dan kembali mengais rejeki. Perjalanan yang seharusnya ditempuh 2-3 jam ini menjadi lebih panjang karena ombak benar-benar tidak bersahabat. Bahkan saya sempat melihat 2 speedboat yang kehabisan bensin karena ombak yang deras memaksa mereka untuk mencari jalan pinggir. Dan juga ada 2 peserta dari group lain yang dipindahkan ke boat saya karena pesawat mereka lebih cepat dari yang lain.. kesiaaann..:(

DSC_1325

udah belang

Takaran

Sampai di Tarakan, kami diajak bang Anca untuk makan siang dan juga membeli oleh-oleh khas Malaysia disini. pusat oleh-oleh di Tarakan ini wajib banget buat didatengin, karena isi jajanannya ini  beraneka ragam sekali. hampir semua snack dari malaysia dijual disini. cuma sayang, karena kita kalap belanja, jadinya lupa foto

DSC_1331

dari dermaga fisheries eco villa

Jakarta

Muka dan badan sudah menggelap karena trip kali ini. Entah kenapa, derawan selalu saja meninggalkan jejak, entah itu berupa kenangan, atau belakang di sekujur tubuh… terpikir untuk kembali lagi kesini,, tapi pakai baju jaring-jaring motif kembang-kembang.. mungkin setelah itu belang di tubuhku jadi lebih menarik?…. hahahaha…

 

Oia,,, menjawab postingan pertama.. saya ga pernah bosan bolak balik ke Derawan. Mau dua kali, tiga kali, empat kali,, ataupun 100 kali..karena selalu ada tempat baru yang bisa di explore disini. Dan juga alasan kenapa laut tarakan –derawan berwarna coklat? Karena limpahan sungai mahakan… 😉

Continue Reading

Wisata Derawan – Pulau Gusung yang bikin gosong

26 Desember 2015

Seperti pagi ini, kami menikmati indahnya matahari pagi dari dalam penginapan Fisheries Eco Villa. matahari yang muncul  malu-malu dari balik pulau ini membuat kami hanya bisa duduk mematung, menikmati detik tiap detik nya..inddaaaahhhh…..

karena bagan tutup dan kita tidak jadi berangkat melihat whale shark, Pagi ini kita berencana untuk ke pulau Gusung, Snorkeling dan juga main banana boat.

Pulau Gusung

Sama seperti pulau Gusung lainnya, Pulau Gosong di Dewaran berisi hamparan pasir yang  bagus untuk foto-foto.  katanya, waktu terbaik kesini adalah pagi hari sampai dengan jam 3-4 sore. Selain foto-foto kita juga bisa snorkeling disekitar pulau. Untung saat itu, hanya ada rombongan kita, jadi banyak foto dan spot foto yang seperti berasa di pantai sendiri. anyway, pulang dari sini  tingkat kegosongan kulit saya udah di angka 8 dari 10.

DSC00199-01

pulau gusung derawan

DSC00263-01

kami di Derawan

Snorkeling di Derawan

Puas foto-foto cantik, kita diajak untuk snorkeling di dekat pulau derawan (lupa nama spotnya). Sebetulnya setelah melihat bawah laut Maluku, saya jadi kurang tertarik dengan bawah laut derawan.. tapi tetep saja kalo melihat nemo senengnya bukan main… hahahaha..

jangan dikejar-kejar ya penyunya

selain snorkeling kita juga dibawa ke deket dermaga depan fisheries eco villa. disini ada beberapa penyu yang selalu balik dan berenang-berenang. Alhamdulillah saya beruntung bisa melihat mereka berenang. Hehehehe

Banana Boat di Derawan Dive Resort

Paket dari wisata kita sudah meliputi banana boat keliling pulau derawan. kita naik banana boat di depan derawan dive resort dan naik bergantian 5 orang persekali naik. Entah sang kapten melihat kode dari siapa hingga akhirnya dia ga menjatuhkan kita. padahal banana boat sudah hampir kembali lagi ke titik awal, akhirnya spontan kita menjatuhkan diri semua… wkwkwkwkwkw… ya gitu deh emang temen-temenku…

 

Fisheries Eco Villa.

Malam ini ditutup dengan pesta lobster yang dibeli dari bang harry, derawan fisheries. 4 lobster besar sudah berpindah dengan cepatnya dari piring ke perut peserta. Ga peduli dengan kolesterol. Kita terus menghabisi semua lobster..:d

IMG_20151228_121521-01

malam di fisheries eco villa

IMG_20151229_210436

malam di fisheries eco villa

Continue Reading

Wisata Derawan : Tarakan – Fisheries Eco Villa

Kamis 24 Desember 2015

Berhubung akan libur panjang dan juga penerbangan kami menuju tarakan akan boarding pagi-pagi Saya dan mba Hanny memilih untuk menginap  di hotel dekat bandara kemarin malam. Jadi kami bisa sampai bandara terlebih dahulu tanpa rasa cemas akan macet yang menggila. Penerbangan pagi ini sesuai dengan jadwal, dan kami tiba di tarakan sekitar jam 9 pagi.

IMG-20160601-WA0004
menunggu di bandara

Pagi ini kami sudah dijemput oleh Mas Anca, dari Wisata Kita. berhubung jadwal janjian itu jam 12 sang, dan kami sudah  datang jam 8 pagi, jadi kami minta diantarkan sama mas anca ke Kedai Kopi Aceh dekat bandara, disana Yudi, salah satu member Group Deramah, yang tinggal di tarakan sudah menunggu kami.

Kedai kopi ini berada di gang dan tidak begitu mencolok, tapi rasa teh tariknya sungguh nikmat, katanya sih pemiliknya asli dari Aceh. Makanya rasa teh dan kopi tariknya autentik. Saya saja sampai menghabiskan 2 gelas teh tarik sangking sukanya sama minuman itu.

IMG-20160601-WA0005
teh tariknya enak

Selesai dari sini,kami diantar mas Anca untuk sarapan kepiting dan setelah selesai baru dibawa ke deramaga Tarakan, sambil dia menjemput peserta lain dari bandara dan juga hotel. Selama ditinggal mas Anca, kami sibuk  bergantian tidur… hahahaha… maklum lah, karena penerbangan pagi, jadi kualitas tidur terganggu dan baru terbangun ketika ada sepasang suami istri dengan 3 anak nya mendekat, bertanya “rombongan wisata kita yang mana ya?”.. oh ternyata mereka salah satu peserta juga toh.

IMG-20160601-WA0007

Ga lama, kami disuruh naik ke speedboat, sambil bergosip sama yang lain “eh liat deh,,, kayanya yg itu tuh, yang daftar sendirian, klo yg itu tuh,, pasangan suami istri yg dari solo” hahaha… sotoynya lagi kumat, padahal sih tebakan kami salah,, wkwkwkwkw.

DSC_1206
tarakan siang itu

Sepanjang perjalanan 2-3 jam lewat jalur laut, sepertinya rombongan kami jadi rombongan paling berisik, sibuk ngebully oji en nissa yang pelor begitu duduk atau terdiam di satu spot..:D. nah disini pula munculnya bahan bullyan yang ga abis-abisnya dicela… apakah itu? Penasaran ?.. baiklah aku ceritain.

Sepanjang kita membelah lautan Kalimantan ini (eh laut apa sih namanya?), air nya bukan berwarna biru muda, biru tua atau rada hitam, tapi airnya  berwarna coklat.. kalo saya dan rya sih bilangnya “ini karena ada kapal dari Malaysia, yang bawa milo coklat, jadinya sekarang lautnya warna coklat”… hahahaha…

apa jawaban yang benar? Ada yg bisa nebak? Klo ga bisa, baca aja postingan terakhir ya…

Lanjut…

Akhirnya speedboat merapatkan diri ke dermawan Derawan fisheries dan Fisheries Eco Villa, Salah satu eh salah dua penginapan paling Ok yang ada di Derawan. Kami, 16 peserta dikumpulkan ke ruang makan /tunggu untuk dibagi-bagi tempat tidurnya, berdasarkan pilihan mereka di website wisatakita.com.

DSC_1217

Pemandangan depan Fisheries Eco villa

Kebetulan saat itu saya,oji, mba han, dan swon memesan kamar di Fisheries Eco Villa (FEV), sedangkan Rya dan Nissa kebagian di homestay (peak season saat itu, jadi kamar FEV penuh. Tapi begitu melihat kamar yang bersih dan nyaman, semuanya ga ada yang mau beranjak pergi. Kamipun merajuk ke Mba Ichi, selaku yang punya penginapan untuk mengijinkan tinggal ber 6 dalam satu kamar… hahahahahah…. Jangan di tiru ya,,, seharusnya sih 4 orang sekamar aja maksimal biar nyaman.

DSC_1224

Gaya dulu ah di depan Fisheries Eco Villa

DSC_1247

ini sunset point nya

Oia, ga lupa ada satu kejadian lagi disini.kebetulan kamar disebelah kita ada seorang bapak-bapak sedang memasang kamera di teras belakang. Spontan saya bertanya “wah..gede banget lensanya, itu lensa apa pak?” dia menjawab “ lensa tele 300mm”. ternyata dia mau memoto bulan purnama malam itu. Ada satu celetukan mba han (saya lupa kata-katanya) yang berhasil membuat dia ga ngobrol atau senyum saat berbapasan lagi dengan kita… wkwkwkwkwkw….. sing sabar ya pak, kita emang gitu orangnya.

Sore pun datang dan matahari terbenam malu-malu. Warna orange nya berubah pelan pelan kemudian menghilang dibalik laut. Semua keindahan alam itu saya rekam dan abadikan dalam sorotan kamera di dermaga fisheris Eco Villa. Memang dermaga ini paling kece buat ambil sunset. Apalagi FEV punya sunset point sendiri. Puas dengan matahari, kami pun dipuaskan kembali oleh menu makan malam. Nyum nyum…

Fisheries Eco Villa

sunset di depan FIsheries Eco Villa

Selesai makan malam, 16 peserta trip dari Wisata Kita, dikumpulkan untuk diberi pengarahan tentang acara besok. Jika Cuaca (di highlight, bold en underline yak) memungkinkan, maka kita akan keliling ke maratua, sangkalaki dan kakaban dan semua peserta mencatat nomor kakinya untuk dibawakan fin dan snorkel set besok pagi.. waahhhh,,,, memang mantep ya kalau pake tour guide yang sudah pengalaman..;)

Malam belum berakhir,,, sementara yang lain masuk kamar, saya, mba han, swon berusaha menahan ketawa malam itu mendengar kisah cinta oji yang tragis…apalagi ketika dia menggulung-gulung tisu dan merobeknya tipis-tipis, dan ketika tisu habis, dia menggulung uang 100rb…. Untung sebelum dirobek, saya sudah tarik uang itu… wkwkwkwkwk…. Dasar dedek tajir, uang 100rb lah yang mo dirobek-robek.

Deramah apa yang menanti kami esok hari ?…..

Continue Reading

Wisata Derawan : Prolog

Derawan trip 24-27 Desember

Prolog

Oktober – Desember 2015 merupakan masa-masa tersuram saya di 2015, ada satu kejadian yang membikin saya depresi tingkat tinggi dan benar-benar butuh piknik yang nyaman dan melupakan semua kejadian itu tanpa perlu mengambil cuti (maklum anak baru di kantor baru).  Akhirnya munculah satu tanggal yang pas buat jalan-jalan, yaitu tanggal 24-27 Desember 2015. Tapi berhubung tanggal merah, pastinya harga tiket, harga hotel dan lain-lainnya sudah melambung tinggi, dan juga teman –teman sudah punya jadwal sendiri –sendiri. Kemudian saya bingung lagi donk, pikiran ini kaya lagi main tarik tambang, sisi satunya pingin jalan-jalan , sisi satunya bilang ga bisa yang mahal-mahal.

da7d71c1d290109ae429f1c97eb0e142

pic from here

Awalnya memutuskan buat pergi sendiri, tapi koar-koar dulu di group, en akhirnya satu persatu teman pun mulai ikutan  daftar jalan-jalan. Sebut saja namanya Mba Hanny, Oji, Swon,  Rya, dan terakhir nissa ikut gabung dengan destinasi perjalanan kali ini adalah ke Derawan… APA? DERAWAN LAGI?? Ga BOSEN?.. hahaha….

KepulauanDerawanKaltim

posisi derawan, pic from  here

Lanjut aja bacanya biar tau saya bosen apa engga di Derawan ya.

Oia, untuk trip kali ini, kembali saya pakai travel dari Wisata Kita. kenapa disana? Karena saya orangnya susah moveon, klo udah dapet pelayanan yang bagus, gam o coba-coba ke travel lain yang kasih harga murah tp service murahan… 😉

Apa aja yang perlu di persiapkan untuk trip ke derawan ?

– Tas (daypack/backpack dll) berisi pakaian untuk 4 hari (Tidak di sarankan bawa koper)
– Baju renang / celana renang,
– Sun block & obat-obatan pribadi
– Peralatan memotret (kamera, handycam, charger dll…) bila ada
– Makanan kecil, snack2
– Autan atau obat nyamuk
– Senter (Bagi yang ingin berburu sunrise), Jas Hujan

kemana harus hubungi travelnya ?

buka aja link nya di www.wisatakita.com atau download aplikasi wisatakita.com dari google store

Continue Reading

Manta & Scuba Diving di Derawan

14 Mei 2016
Manta Point

Sebetulnya mant point ini dekat dengan sangalaki, tp karena kemarin kita kesorean, jd ga bisa mampir untuk mencari manta. Nah pagi ini kami balik lagi untuk mencari manta.  Setelah berhenti bbrp saat, sang kapten menujuk satu poin dan dia bilang “itu manta, siap-siap turun ya”, saya yang ga mo ketinggalan momen ini langsung memakai masker dan fin dan menunggu aba-aba untuk meluncur terjun kelaut. Ga lama, terlihat bayangan hitam di permukaan laut, yeeeesss itu mantaaaaaaaaa……  here I come mantaaaaaaaaaa….. 

Terjun lah saya dari kapal, en tenyata saya satu-satunya peserta yg meluncur saat itu,  5 menit berenang sana-sini, saya ga liat apa-apa, dan kemudian kapal meninggalkan saya sendirian di tengah lautan luas untuk mencari posisi manta…… kapten,,,, apa yang kamu lakukan ke saya itu jahat…:(
Tengok kanan tengok kiri,,,, tengok belakang,, tengok depan,,, saya ga liat apa-apa,,,, jantung berdetak lebih kencang dan napas jadi lebih cepat, sebetulnya saat itu saya takut banget karena sendirian di laut, takut tiba2  si manta dateng  dengan mulutnya yang terbuka lebar, soalnya denger- denger ini manta berenangnya cepet banget, sekali kibas langsung pergi jauh / mendekat.. ga lucu kan kalo pas saya tengok kanan/kiri tiba2 dia udah muncul disisi saya ? jadi inget film Juon, yng hantunya keluar dari tipi kan tuh jadinya…
Ga lama, team lain menyusul, dan kemudian ada teriakan, dikiri-di kiri,,, di kanan,,, dikanan…. Dan yg lain sibuk kejar mengejar,,,,,,katanya si manta lewat, tp saya ga liat euyyy..pelan-pelan saya berenang dan berdoa “Tuhan, jgn pertemukan saya sama mantan, tp boleh lah saya dipertemukan sama si manta ini,,, sekali aja,,,pleaseeeeeee”.. ga lama, saya liat peserta yg pakai baju hitam ( antara tandev atau om gun) menunjuk ke sisi kiri, dan gerak cepat saya mengejar ke kiri, yes, manta di depan kawan,,,posisi video kamera standby,,,, saya ga mo menyia-nyiakan momen ini,, saya berenang secepat mungkin dengan segala keterbatasan yang ada,, dan terus saya rekam semua pergerakan manta…. Terima kasih Tuhan udah kabulkan permohonan saya.. kayanya dari semua peserta, Cuma saya yg dapet moto mantanya deh.. hehehehe. 
IMG_20160514_131425
sang manta yang bikin neng deg-degan

Pulau gosong & Scuba Diving

DSC00199-01

 

pulau gosong
IMG_20151226_133036
nunggu abang yg ga dateng-dateng
IMG_20151226_180659-01
awan nya keceh ya

Selesai makan siang, peserta dibawa ke pulau gosong, pulau yg isinya hanya pasir. Kali ini saya ga ikut kesana, karena masih pewe di penginapan derawan fisheries. Hahahaha. Maapkan kakak, pesertanya nakal. Jadinya saya dan bbrp peserta yg ga ikut ke pulau gosong, pergi ke decafe untuk siap-siap scuba diving. 

DSC02653-01
sambil nunggu yg dari pulau gosong
DSC02665
kelakuan bocah
DSC02698_1
neng lelah menunggu
DSC02552

 

Kelakuan oh kelakuan
DSC02528
antara hercules atau hera…. terserah kelian dah mo nya gimana
Ditempat ini, peserta diajarkan scuba diving. Menyelam dengan menggunakan tabung udara sejauh 6 meter. Lagi-lagi saya skip kegiatan ini, karena saya takut jodoh sama diving dan ga bisa pisah lama-lama… mahal ciiiinnn klo udah jatuh cinta. 
P5140087

 

yg pada scuba-an
P5140082

 

ntah ini siapa ya
Jadi, ketika yang lain scuba, saya cukup puas untuk berenang di sekeliling dermaga, disini saya ketemu ikan kecil-kecil yg lagi berenang bergerombol, ikan cucut panjang dan besar, lion fish, bintang laut warna belang-belang dan bintang laut coklat kaki 6 dan ikan warna warni lainnya… baaaguuuuuuuussssssssssss. Kata nya, kalo berenang lebih ke kanan lagi, kita bisa ketemu penyu disini.. ada sekitar 5 penyu yang sedang berkumpul sore itu didekat penangkaran sana.
P5140093

 

dibawah dermaga
P5140012

 

lion fish
P5140023

 

bintang lautnya totol totol
IMG_20160513_224816

 

bulan sabit

Malam terakhir di derawan saya habis kan untuk belajar foto milky way. Ntah kenapa dengan kamera saya di trip kali ini,, ga banyak foto yang bagus yang saya dapatkan.. aku kecewa ..:(

https://flic.kr/p/Hdt75C

 

milky way. pic by @aqied

 note : beberapa foto saya ambil dari perjalanan saya sebelumnya.

Continue Reading

[Meet & Trip Derawan fisheries] explore Dewaran

13 Mei 2016

Jam masih menunjukan 4.33 ketika saya bangun, dan alarm hp saya belom bunyi sodara-sodara….. hebat kan?……huuuurrrreeeeeyyyyyyyyyy. waktunya buat berburu sunrise di pantai dekat derawan dive resort.  Keluar kamar, saya merasa ada yang aneh, kenapa belum jam 5 tp matahari udah mulai orange ya?, ternyata oh ternyata, jam di hp saya belum update ke GMT +8 aka berubah lebih cepat 1 jam dari waktu Jakarta. Jd sebetulnya skrng sudah jam 6 kurang sodara-sodara… gagal lah sunrise saya pagi ini.

DSC_1314
sunrise dr depan penginapan
IMG_20160513_060320
matahari pagi dari pantai derawan dive resort
IMG_20160513_064807
teh manis + mathari pagi
Jangan takut kelaparan kalo menginap di derawan fisheries, buktinya pagi ini kita disuguhkan nasi goreng dan juga roti,  double carbo yak,,mungkin karena pagi ini kita butuh tenaga buat nunggu si abang,, eh maksudnya buat mengerjakan semua aktivitas hari ini deng… :d 
Diperjalanan menuju maratua, kami bertemu dengan lumba-lumba… asliiii keeerreeeeennnnnnn
Maratua Paradise Resort

Tujuan pertama adalah foto-foto di maratua paradise resort, salah satu resort terkenal di derawan dan satu-satunya di pulau Maratua.  kombinasi warna awan, langit dan laut ini kece banget buat difoto, sayang ga punya kesempatan buat mengabadikan banyak foto karena  jadi photographer buat model-model dadakan pagi itu. Karena matahari terik, saya males buat check hasil foto siang itu, dan malam setelah saya balik ke penginapan, saya baru tau kalo banyak foto-foto yang over exposure dan juga belom ganti AWB… deeeemmmnn,,,hilang sudah warna biru dan hijau yang keceh..:(

IMG_20160513_181355
warna fotonya ga keliatan karena awb

Goa Haji Mangku

Masih di pulau Maratua, disini terdapat goa yang disebut Goa Haji Mangku, disini peserta ditantang untuk uji nyali melompat ke dalam air yang warnanya biru banget.  Buat saya yang phobia ketinggian, cukup berenang santai dari sisi sebelah goa aja.. yang penting merasakan sensasi berenang di goa haji mangku kan…. #ogahrugi 

PC250058
leyeh-leyeh di haji mangku, check2 deh
Kakaban

Buat para pencinta laut, pasti familiar kalo denger nama kakaban, disini kita bisa berenang bersama ubur-ubur yg tidak menyengat.ada 4 jenis ubur-ubur yang hidup di danau kakaban ini, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Catatan penting sebelum berenang di sini adalah jangan memakai tabir surya ataupun barang kimia lainnya, jgn juga pakai fins. Karena ubur-ubur disini sangat rapuh dan bisa mati.

PC250014
ubur-ubur kakaban
PC250016
handle with care
Ke laut belom cukup tanpa snorkeling kan? Nah tepat bawah dermaga pulau kakaban ini, ada wall bawah laut yang bagus banget untuk dijadikan salah satu spot snorkeling.  Karang-karang dan ikan yang warna warni menyita perhatian saya, sayang seribu sayang, kamera underwater kesayangan saya tertinggal dipenginapan, jadi gabisa cekrek –cekrek buat mengabadikan moment deh. Hiiiiikkssss…. Adek sedih baaaanggggggg… 

Sangalaki

Walaupun udah kesini 3 kali, tetep aja suka sama pulau ini. Pulau ini punya penangkaran penyu yang siap untuk dilepaskan. Selain itu, kita juga bisa melihat penyu bertelur dimalam hari klo kita menginap di pulau ini. 

2
abang mo neng foto?
NoGNeH5GvLIYD69CoNJqKmyZ0iRpH-u2vJkHRvOc1HM,qf4pGpnLM_gn-Bb8vuQKo7c31_-b4s9Is5nGI5-oGkY
cakep dikit cekrek
ywVTTrJUeQvLJ-n2xxbHZMLlUaxZEZJ1rj2OyoMQw5Y,Ogsb0rrcnPcIn8KEm98n0t2-hC8KX125YY75LHMGw0Y
dermaga sangalaki

Sunset Derawan Fisheries
selesai explore derawan, kamipun balik ke penginapan, mencoba keberuntungan buat ngejar sunset 

DSC00034-01
sunset at derawan
IMG_20151225_073701-01
foto tanpa sun di sunset view point
DSC00032-01
my beautiful sunset
IMG_20151228_121521-01
moon rise
DSC00347-01
makan malam sambil memandang sinar bulan
IMG_20151229_210436
moon rise di depan dermaga


note: beberapa foto saya ambil dari perjalanan saya ke derawan bulan desember 2015

Continue Reading

Aceh Trip 5-8 Sept 2012

 

 

Mendengar kata-kata aceh terbayang nikmatnya mie aceh,,,teh tarik en busana muslim yang panjang dan longgar. Oleh karena itu sebelum ke aceh, saya mempersiapkan perut saya (kosongin semua biar muat banyak) plus persiapan baju baju panjang serta jilbab dan pasmina (seriusan stok baju saya ga ada yg panjang sama sekali, apa lagi saya denger disana ga boleh pake jeans…tp kenyataannya……huuuffff)
5 September 2012,
Sekitar jam 11 saya sudah sampai di bandara sultan iskandar muda, aceh. Bandara ini berbentuk seperti mesjid besar, tidak seperti kebanyakan bandara lainnya di indonesia. Sampai di luar bandara saya melihat sekeliling,, semua wanita memakai kerudung dan baju panjang, dan semua pria melihat saya yang hanya menggenakan pasmina (itupun tidak di gunakan sebagai kerudung). 
Dari airport ini, kita bisa menggunakan taxi (mobil avanza or inova) yang bisa digunakan untuk mengantar ke hotel atau pun disewa seharian,, kemarin saya sempat tanya katanya untuk avanza itu 120rb untuk biaya dari bandara ke hermes hotel.. atau 300rb sehari tanpa supir dan bensin. Sesampainya di hotel, saya sempat iseng nanya sama receptionisnya,, apakah berenang disana boleh menggunakan baju renang dan dia bilang boleh, asal bukan yang tali2 atau bikini. 
Hari semakin siang dan naga di perut sudah demo minta diajak makan, saya pun dibawa oleh teman-teman ke rumah makan hasan untuk mencicipi makanan istimewa disana..penyajiannya seperti rumah makan padang, makanan-makanan ditaro di piring2 kecil dan dihidangkan ke meja. Entah memang nikmat, perut lapar, suasana dingin karena hujan ataupun karena pakai bumbu ganja,,siang itu saya dengan sukses menghabiskan 2 piring nasi putih, 2 potong ayam, 1 piring kare kambing, 1 piring ikan kayu, dan sayur2 lainnya ditambah 1 gelas teh tarik dan es teh manis….. slllurrrrrrrpppppp (mari tiduuurrrrr)
Setelah tugas kantor berakhir, sekitar jam 12 malam saya baru keluar untuk mencari makan malam,,, tujuan pertama adalah daphu cofffee, tapi sayangnya disana lagi ga jual mie aceh, jadi kita pindah ke ring road coffee. sekedar info, di aceh banyak kedai coffee yang buka sampai malam bahkan 24 jam. Dan mereka menyediakan fasilitas wifi serta makanan berat,, bukan Cuma kopi dan cemilan saja. Disini saya memesan mie aceh basah udang, teh tarik dan roti srikaya..bagi saya mie nya masih enakan mie meutia di benhil, tp roti srikayanya nampol banget…maknyuk kalo kata pak bondan… :d 
Note ,,, selama makan malam di ring road saya mengunakan celana jins, kaos panjang ketat, dan pasmina di lilit di pundak, ga di kerudungin… memang saya diliatin beberapa lelaki disana, tp nda masalah bagi mereka. 
6 September 2012,
Saat nya ke sabang,,,
Jadwal kapal cepat ke sabang itu adanya  2x sehari,, 
         Jadwal Regular dan Harga Tiket Kapal Cepat                    
Nama Kapal
Rute (Jam)
Harga Tiket (Rp)
Ulee Lheu – Balohan 
Balohan – Ulee Lheu
Ekonomi
Bisnis
VIP
Pulo Rondo 
09:30
16:00
60.000
75.000
85.000
Bahari
16:00
08:00
55.000
65.000
85.000
Kapal Bahari, khusus Jum’at dari Ulee Lheu ke Balohan jam 16:30
Atau kalo untuk yang regular (bisa untuk masuk mobil)
Hari
Rute (Jam)
Ulee Lheu – Balohan
Balohan – Ulee Lheu
Sabtu, Minggu, Rabu
10:30 & 15:30
08:00 & 13:00
Senin, Selasa, Kamis, Jum’at
14:00
08:00
Dari pelabuhan balohan sabang, mereka menawarkan bentor ataupun elf300 seharga 15ribu untuk ke kota sabang, atau bisa sewa motor 100rb dan mobil 400rb seharian..
Dari pelabuhan saya langsung menuju ke km 0, letaknya sekitar 30 km dari pelabuhan, dan berhubung petunjuk arahnya cukup banyak, jadi saya ga tersesat kesana… 😀 di KM 0 ini sebetulnya Cuma berbentuk tugu yg ga terawat dan juga monyet2 liat yang asik hilir mudik disana… plus ada 1 warung didepannya yang menawarkan sertifikat tanda sudah pernah ke KM 0 dengan membayar 25ribu rupiah.  Pemandangan dari km0 ini ga terlalu ok, tp ada beberapa spot yang bagus sepanjang pelabuhan ke km 0. 
view dari km 0

 

km0

 

yes i’m here
Jika dari pelabuhan, akan ada cabang terakhir menuju ke km0, jika kita ambil kiri, maka kita menuju ke km0, tp kalo kita ambil kanan maka kita menuju iboih (bayar 5rb untuk tiket masuk), di iboih ini banyak villa kecil yang siap menampung kita,, rata2 harganya dari 100rb -350rban,,tergantung tempat dan fasilitas… di sini yang paling bagus itu yulia resort, dia punya pantai sendiri,, tp tempatnya di ujung bukit bukit en klo malam bakal gelap sekali karena ga ada penerangan disini. Oia, warga sana wanti-wanti kalo cewe dan cowo tidak boleh menginap dalam 1 kamar, jadi musti pisah kamar. 
Waktu itu saya ambil penginapan rubiah yang terletak disebelah mesjid, kamarnya ada 2 tingkat,, dan pintunya terbuat dari kaca, jadi orang luar bisa langsung ngintip ke tempat tidur kita. Harga kamarnya dikasih 250rb untuk 2 kamar, kayanya sih bisa lebih murah kalo ambilnya langsung dari si pemilik penginapan… 
penginapannya..sekamar bisa buat 3 orang
di depan pantai iboih ini banyak kapal-kapal yang disewakan untuk berkeliling ke rubiah dan snorkling. Penyewaan snorkling set, fin dan life jacket itu 40 rb /set dan kapal boat nya 100rb/ orang untuk 6 orang atau bisa pilih boat lama… tp sayang saya lupa tanya harganya. 
the best underwater place that I ever visit ini layak diberikan untuk underwater life nya di rubiah island… (antara bali, lombok, karimun jawa, belitung, bunaken, derawan) ikan nya warna warni, beraneka ragam, penyu, cumi-cumi, ular laut, bintang laut…wow… keren euy semuanya.. ga nyesel jauh2 kesini….bener-bener keren abiiiissssssss. 
Note : di sabang ada peraturan untuk tidak memakai bikini akau baju renang, lalu ada hari hari terlarang untuk melaut,,contohnya kamis jam 7 malam sampai jumat jam 2 siang.. sementara warung2nya sudah tutup jam 9 malam.
7 September 2012,
Karena tidur yang ga nyenyak akibat pintu kaca, kasur yang berbunyi dan air keran yang bocor,,,pagi ini saya putuskan untuk jalan – jalan sepinggir pantai dan ngobrol2 dengan orang lokal sana,, dari info yang saya dapat, di sabang lebih bebas daripada di banda, jadi klo ga pake jilbab juga gpp. Trus penginapan untuk orang lokal lebih mahal daripada bule-bule karena mereka (si bule) ga ngabisin air,,secara air bersih disana susah plus mereka kalo nginep bisa sampe sebulan. Soal pencurian kendaraan pun jarang sekali,,karena emang susah mo dibawa kemana, tinggal tunggu aja di pelabuhan, pasti ketemu deh kendaraannya..:D 
boat biasa

 

nemu penyu disana

 

 

 

at yulia resort
Saat asik jalan-jalan dan foto sendiri, saya ketemu bule dari california, dia akan stay di indonesia beberapa bulan, mo pergi ke beberapa tempat di indonesia seperti borneo, raja ampat, komodo island…. Aaahhh bangga rasanya ada yng mo muter-muter di indonesia… 😉
Berhubung ga ada yang bisa lagi dilakuin di iboih (ga boleh berenang), saya pun bergerak menuju ke air terjun arahnya ke arah kota sabang,,, nanti ada plang “waterfall’ disebelah kanan jalan dan kita bisa masuk terus kesana oia, jalanan ini Cuma dilewatin sama motor ya… sampai ujung jalan, saya harus meneruskan perjalanan jalan kaki,,padahal hari itu saya pakai sendal wedges cantik 3 cm…. fuiiihhh terpaksa buka pasang deh tuh sendal… 
Air terjun disini ga terlalu tinggi dan deras, pemandangan nya pun biasa ajah karena ga terawat…. Jadi setelah beristirahat sebentar saya pun balik lagi ke tempat taro motor dan menuju sabang kota untuk makan siang.. oia,,, berhubung ini hari jumat, jadi sekitar jam 12 toko-toko sudah pada tutup, dan hanya toko yang penjualnya perempuan yang masih buka. Lalu mereka akan buka kembali jam 2 atau malah tutup terus sampe sore. 

 

 

Jam 5 sore kapal sudah berlabuh di sabang,,, dan saya menyempatkan diri untuk singgah ke kapal pltu yang terbawa arus hingga 5km akibat tsunami,,, sungguh tak bisa dipercaya,,kapal yang begitu besar dan beratnya bisa terseret sejauh itu…sayang waktu saya ga banyak untuk muter2 didalam kapal, karena mereka tutup jam 5.30
Malam hari saya kembali ke kedai kopi 3 in one di sebelah hermes hotel,, kedai ini cukup rame sampai jam 1 malam,,, oia saya juga pesan mie aceh goreng udang disini, dan mie aceh yang ini cukup enak daripada yang sebelumnya.. porsinya pun besar, puas deh makan disini..kenyang nyang nyang nyang…

 

 

Sebelum balik ke hotel, saya ke kedai solong buat beli bubuk kopi hitam..katanya sih solong merek yang terkenal disini, tp toko utamanya ada di jalan ulee kareng.
8 September 2012
Tibalah saatnya saya pulang ke jakarta lagi… tapi sebelum pulang, saya sempat mampir ke kedai makanan sebelum masuk ke bandara.. disini saya makan dengan pemandangan sawah dan angin yang semilir bikin ngantuk.. hihihi…
Sebelum naik pesawat,,,saya berjanji kalo next time saya akan kembali kesini…. Kembali ke sabang..untuk menikmati dan mengabadikan potret bawah laut disana………. 
biaya pengeluaran : 
day 1 : 
makan siang : 55000
makan malam : 40000
day 2 : 
tiket kapal : 60000
sewa motor sabang : 150000 ( + bensin en tips) 
sharing boat : 100000
peralatan snorkling : 40000
makan siang : 13000
makan malam : free ( ditraktir teman se-boat) 
masuk ke iboih : 5000
 
day 3 : 
sarapan : 15000
makan siang : 25000
kapal : 60000
makan malam : free (di traktir teman yang ultah) 
 
day 4 : 
taxi ke bandara : 120000
sarapan : 25000
 
total : 708.000,-
Continue Reading

indahnya Derawan- end

25 Maret 2012
Huaaaahhhhhh males lagi bangun jam 4 subuh,, alesannya sih saya takut ga keburu buat siap-siap pulang jam 6.30….. pdhl masih mau menghabiskan waktu di kasur empuk..hihihihihihi…. 😀
Hari ini saya bangun jam 5.30an en bergegas untuk mandi kemudian menenteng remote dan tripod untuk ambil foto lagi di dermaga,, pagi ini saya melihat sudah banyak orang yang bangun en beraktivitas. Oia tak lupa saya sempat melihat salah satu peserta menenteng koper coklat gede,, en saya bilang “gede banget mas kopernya,,mau kemana?” trus dia jawab..’iya neh gede” kemudian dia berjalan menuju ujung dermaga,,, entah terlalu konsentrasi atau apa,,saya tak memperhatikan lagi apa yang dia perbuat,, tapi saya sempet melirik ketika saya mo balik ke homestay kalo salah satu peserta yang saya temui tadi sedang berfoto dengan menggunakan kursi pantai dan komper,, ada beberapa temannya juga disana.
pagi di derawan

Karena belom sarapan,,saya buru buru balik ke homestay untuk mengisi perut dan menikmati secangkir teh hangat sambil berbincang dengan 7 teman saya lainnya + 2 peserta yg satu homestay sama kita…gak lama, mas azis memanggil kita untuk membawa barang dan bersiap karena kapal sudah berangkat dari derawan resort.
Sesampainya di dermaga,, saya melihat kamar peserta yg tadi foto-foto itu sedang di kerumini banyak orang,,, en ada yang bilang “busur tidur,,tp ga bangun walau udah dibangunin berkali kali,,tp nadinya masih ada” dan setelah itu makin banyak orang yang datang dan melihat,,mencoba membantu… dokterpun datang untuk memeriksa kondisi busur,, tp sayang, beliau tidak bisa di bangunkan lagi… selamat jalan mas busur,, semoga dirimu tenang disana,, dan makin banyak spot bagus yang bisa di foto.
RIP mas BUSUR
Perjalanan pulang pun menjadi hening,,, dan mood untuk menikmati mangrove dan makan siang pun lenyap sudah,,,all I want Is going back home soon,,, tp perjalanan sempat terhenti 2 kali di tengah laut karena kehabisan bensin,,, kapal yang tadinya menggunakan 3 mesin, menjadi 1 mesin..untunglah bala bantuan cepat datang dan merefill bahan bakarnya sehingga kita bisa sampai tepat waktu di tarakan.
bye bye tarakan
 Derawan,,,suatu perjalanan yang ga akan dilupakan,,,karenanya saya belajar menikmati hidup,, mengerti kebutuhan dan keterbatasan diri….

derawan homestay full team
Continue Reading

indahnya derawan part 3

 24 Maret 2012
“30 menit lagi ya mba” adalah kalimat pertama yang saya ucapkan di hari ini,,, ketika itu, mba evie mengajak saya untuk foto sunrise dari arah derawan resort,,, tp karena masih nguantukkk, jd saya milih bobo lagi dan rencananya akan bangun jam 4.30…eh ternyata alarmnya ga bunyi sampe akhirnya saya terbangun jam 5 subuh….tp ternyata pagi ini ujan deres booo…lanjut lagi deh bobonya…. :d
Sekitar jam 7 saya bangun en mendengar kericuhan didepan,,,ternyata mas fadli gak dpt foto mataharinya,,tp dapet foto yg lebih fantastis…yaitu foto petir….AARRRRRRGGGHHHHH nyesel ga bangun pagi……

Rencana awal aga sedikit terhambat karena ujan yang mengguyur,,,,saya sempet berfikir..klo kita paksakan jalan, jangan jangan nanti bisa kejadian kaya di karimun jawa, ketika kami terdampar di dermaga, menggigil karena hujan badai yang tiba tiba aja dateng… 
Ketika hujan reda,,,mulai lah kami satu persatu masuk ke kapal dan pergi menjauh dari derawan,, setelah sekitar ½ – 1 jam menyebrangi lautan, akhirnya kami sampai ketujuan (entah nama lautnya apa) disini terumbu karangnya benar-benar indah,,, beberapa kali saya melihat ikan putih besar yang malu malu menengok dari balik karang, tp sayang saya gak bisa memotretnya… trus ada juga ikan kecil kecil warna kuning, biru, hitam, dan putih, bintang laut warna biru, karang berliku liku kaya bunga….. caannntttiiiiikkkkkkkkkk
Oia,,, disini juga sempet ada karang karang yang tinggi nya itu hampir mencapai 30 cm dari permukaan laut,,,, hadeddhhhhhh…ngeri banget kalo pas lagi asik berenang trus tiba-tiba kena karangnya…. + setelah karang yang tinggi itu,, ga jauh langsung ada jurang dalem en bagus banget buat nyelem…..*sayang saya ga bisa diving*
Sedih banget ketika kita harus beranjak dari tempat ini dan pergi ke pulau gusung /busung,,, pulau ini hanya hamparan pasir putih nan besar… andaikata kering, pasti orang akan mengira kita sedang berada di padang pasir… 😀 disekeliling pulau ini nda ada terumbu karang yang oceh,,tp saya sempet liat ikan hitam kecil kecil berkumpul,,,,klo ga salah liat, ikan ini mirip kaya di tempat fish reflexi deh…. Iseng saya menjulurkan kaki ke sana,,,tp mereka nda gigit2 kaki saya euy….:((
ikan buat foot reflexi
 Sore hari kami balik ke homestay, dan bersiap untuk banana boat mengelilingi pulau derawan… ini kali ke 2 saya naik banana boat dan kali keduanya juga mereka ga jatohin penumpangnya ke laut,,,so kita semua masih kering saat sampai di dermaga…..:(
pic taken by wisata kita
Menjelang sunset,,, saya dan 7 orang teman lainnya pergi ke dermaga derawan resort untuk foto-foto dan belajar foto lagi…maklum lah,,,kali ini ada mestro photo ada disini, jadi kita memaksimalkan semua waktu untuk menyerap semua isi otaknya dia….tp,,,berhubung sang murid aga aga dodol, jadilah saya gak berhasil mendapatkan foto-foto yang menarik……
hasil belajar foto
Berhubung batere habis,,jadilah malam itu saya balik ke homestay lebih cepat dan istirahat lebih awal,,karena rencananya akan hunting petir jam 4 pagi…….. hihihihihihihihi
Continue Reading

indahnya derawan day 2

23 maret 2012
Menangkap sunrise adalah kegiatan awal kita di hari jumat ini,, sayang sekali memang klo sunrise yang kita tunggu tak kunjung datang, jadilah saya dan teman –teman balik ke homestay and beberes untuk menanti snorkeling di beberapa tempat..

lion fish @maratua

Tempat pertama yang kita kunjungi adalah maratua,,, jujur,,, ga banyak yg bisa diliat disini,, karangnya ga ok,,ikannya sedikit….tp saya beruntung bisa dapat melihat lion fish dan mengabadikannya di kamera saya.. oia, saya sempat gatel gatel disini, karena air lautnya aga kotor en kecampur oleh minyak dari kapal yang bersender disekitar pantai…

kekerasan dalam per ubur-uburan
ubur-uburnya bisa di pegang loh

Setelah puas snorkeling, kami pun pindah ke pulau kakaban untuk melihat ubur-ubur, kapal berhenti di dermaga, dan kita harus menaiki tangga tangga untuk menuju ke belakang pulau (watch your step,,ada 2 teman saya yg jatuh pada saat di naik/.turun tangga)…. Oia,,sangking excitednya,,, saya meninggalkan temen-temen dibelakang…mereka masih pada sibuk foto-foto euy…  ini adalah  pertama kalinya saya melihat, dan memegang ubur ubur secara langsung,,tp sayang seribu sayang air nya rada butek, apa lagi ketika banyak orang yang baru kelar snorkeling or baru datang,,,,sampe pusing kayanya sih ubur-ubur…. oia..semakin ke tengah danau, ubur-uburnya semakin gede en banyak loh…..satu hal yg bikin bête….saat asik berenang kesana kemari, saya sempet merasa perut penuh en pingin pipis.,,, tp entah kenapa,, itu pipis gak bisa keluar,,,hasilnya saya pipis di ruang sempit dermaga,,yg didalemnya ga ada kloset,,,Cuma ada bolongan kecil yg langsung mengalir ke pantai….. hoalaaahh,,jadi ketika saya pipis,,, orang lain bisa liat air mengalir kebawah…….*sekali lagi….mallluuuuuuuuuu*

Acara dilanjutkan dengan makan siang di pulau kakaban,,, saya dan 3 orang adik kelas saya makan di atas dermaga, sementara yg lain makan di bawah pantai,,,dan ketika makan siang kelar,,, saya turun ke pantai untuk mengobrol dan ketawa-tawa di pinggiran pantai …ga lupa buat foto juga donk…. 😀  iseng saya main ke pinggir pantai yg kebetulan airnya masih surut,,, disana saya menemukan karang karang kecil yg dikelilingi oleh nemo hitam, kkkkeeerrrreeeennnnnnn……..en ada ikan pari kecil en bullet juga yg nyamar di pasir pasirnya….. kata orang orang sih itu sengatnya berbahaya,,,jdlah saya segera mundur dan duduk duduk lagi dipasir.

nemo hitam di pinggir pantai
Setelah air pasang kembali, dan kapal bisa merapat ke dermaga,, kami semua berangkat ke pemberhentian selanjutnya..yaitu melihat manta…….kembali sayang, karena saat itu arusnya sedang kencang dan saya ga punya keberanian untuk terjun dan mengejar manta. :d jadilah saya dan beberapa orang lainnya Cuma bisa teriak…itu manta…..eh disana..disana…bukan…didepan,,pindah kiri…… eh itu gede….. hihihihihihi…. :d

manta @kakaban

Sore pun menjelang, dan kami bergegas pulang…tp berhubung badan masih kuat en pingin banget nyoba snorkeling tanpa pelampung, saya minta tolong sama temen untuk ajarin saya nyelem en jgn lupa buat nangkep en jagain biar saya ga tenggelem….. hahahahaha….. puas dengan belajarnya,,, saya balik ke homestay and bebersih….sore itu awan tebal dan matahari ga keliatan,, jadinya kita cm duduk duduk di dermaga,,menunggu bintang bermunculan dan oia…malam ini saya berhasil bikin foto pake cahaya….luuucccuuuuuuu…saat itu hanya saya, mba evie, mas fadli dan sarwono yang berada didermaga,,sisanya sudah menuju alam mimpi…

belajar snorkeling tanpa live jacket
pake tripod,pake remote with my own camera…narsis time… :d
oia…hari ini saya rada kecewa dengan keindahan bawah laut di tempat tempat yg saya kunjungi…. karimun jawa masih sangat sangat sangat bagus menurut saya..
Continue Reading